09 April 2012

Upacara Tawur Agung Desa Adat Kota Tabanan

Nama upacara ini sangat panjang, sangat susah untuk diingat. Merupakan upacara besar yang sudah berlangsung dua tahap. Tahap pertama diselenggarakan di Pura Dalem Desa Adat Kota Tabanan, September 2011. Dan tahap kedua adalah tujuh bulan kemudian Jumat 6 April 2012 bertempat di Pura Puseh Desa Adat Kota Tabanan.

Upacara Part I saya lupa menuliskannya di blog ini, karena itu saya gabung saja keduanya dalam satu tulisan ini.

Saya tidak tahu persis makna nama upacara yang panjang itu. Saya bukan ahlinya. Yang jelas konon upacara ini diselenggarakan demi tercapainya keseimbangan alam semesta dan menetralkan pengaruh negatif yang ada. Mungkin saja seperti itu, tapi yang saya tahu, kami semua warga adat dengan segenap ketulusan hati, bersuka cita ikut bersama-sama menyukseskan acara ini. Bagi saya, semua jenis upacara, persembahyangan, merupakan wujud bakti kami kepada Tuhan, sekaligus untuk sarana merefresh pikiran agar bisa mengarungi hidup selanjutnya dengan kejernihan hati dan fokus (baca lagi tulisan saya ini: Nyepi: Nang Ning Nung, Tenang Hening Merenung)

Kegiatan berlangsung dalam waktu yang sangat panjang, baik upacara pertama maupun yang kedua. Tenaga, pikiran, dan dana begitu banyak tercurahkan untuk ini. Beruntunglah Desa Adat kami beranggotakan 23 banjar, sehingga kegiatan (baca: ngayah) bisa dilakukan bergiliran tidak terus menerus. Salah satu kegiatan menjelang upacara adalah Melasti, yang sudah saya tulis kisahnya di artikel lainnya di sini.

Upacara besar ini mencapai puncaknya hari Jumat 06 April 2012 (Purnama Kadasa). Seluruh warga adat hadir. Keluarga kami pun ikut terlibat, termasuk kedua anak saya, Inya dan Ighar yang ikut menyumbangkan tarian di kedua upacara.

Upacara telah usai, kepuasan hati tercapai. Mudah-mudahan makna upacara yang diharapkan sesuai dengan namanya yang panjang, bisa terwujud. Semua untuk kesejahteraan dan kedamaian kita bersama...


Galeri foto














0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda